Search This Google

PC makin tak laku, ini 5 produsen terbesarnya yang masih bertahan


Tahun ini sepertinya masih bukan waktu kebangkitan bisnis PC yang meliputi komputer dekstop dan laptop. Hal ini dibuktikan oleh data penjualan PC dari IDC dan Gartner.

Data IDC menunjukkan bila di kuartal pertama tahun 2016 pengapalan PC dunia mengalami penurunan 11,5 persen dari periode yang sama tahun 2015 lalu. Total dari Januari sampai Maret total PC yang dikapalkan oleh para produsen hanya 60.6 juta unit. Ingat pengapalan bukan berarti jutaan PC itu ludes terjual semuanya.

Hal yang sama juga dilaporkan oleh Gartner. Bedanya, lembaga penelitian pasar itu hanya menyatakan pengapalan PC menurun 9,5 persen. Ironisnya, penurunan pengapalan per kuartal ini adalah ke-6 kalinya secara beruntun.

Menurut IDC, fenomena ini terjadi akibat terlambatnya penetrasi Windows 10 dan rendahnya permintaan konsumen. Terlepas dari tren negatif itu, berikut adalah 5 produsen PC yang masih menguasai pangsa pasar dunia saat ini.

    Lenovo - 13,4 juta unit
    HP - 12,5 juta unit
    Dell - 9,1 juta unit
    Asus - 5,2 juta unit
    Apple - 4,5 juta unit
    Lain-lain - 26,6 juta unit

Nyaris semua produsen PC di awal tahun ini mengalami penurunan pengapalan, kecuali Asus dan Apple. Ya, PC Asus mengalami pertumbuhan mencapai 1,5 persen, sementara Apple 1 persen.

Contact Form

Name

Email *

Message *